+ -

Situs Royal Museum Greenwich : Menjual Peta Maluku Utara


Posted by +Sofyan Salim 

Yarp…  Kali ini, saya akan menginformasikan kepada pembaca blog ini, bahwa peta Maluku Utara, telah di jadikan menu dagangan oleh The National Maritime Museum, London. Mereka bukan lagi mengklaim, tapi sudah menjual nama dan peta Maluku utara ke khlayak ramai! Eit…, jangan salah sangka dulu! Justeru dengan begitu, nama Maluku pada kususnya dan Indonesia pada umumnya, menjadi lebih terkenal di mata dunia! So, nggak usah esmosi ya! Hehe..! 

Musium yang berlokasi di Greenwich, London, mengoleksi peta Willem Janszoon Blaeu [klikNama] seorang ahli lukis globe.

Adalah 'Moluccae insulae Celeberrimae' pertama kali diterbitkan di Le Theatre du Monde (Nouvel Atlas [klik atlas]) , 1638-1640. Setelah Sultan Ternate memberikan konsesi (izin membuka tambang) rempah-rempah kepada Belanda pada tahun 1607, maka mereka langsung mendirikan sebuah pemukiman di Bacan pada tahun 1609 dan dengan cepat menguasai Maluku (WillemBlaeu [klikNama] ).

Peta ini kemudian nyasar (sebenarnya nggak tahu infonya!) ke National Maritime Museum, London. Mereka kemudian menjadikannya koleksi tetap yang gambarnya di jual kepada siapapun yang menginginkannya! Sebenarnya gambar peta itu adalah bukti kejayaan negara – negara maritim eropa, pada jaman rempah – rempah dulu.  
 
Harga print peta tersebut di sesuaikan dengan ongkos kirim (kebetulan Indonesia tidak masuk daftar negara yang bisa di kirim), dan  penggunaan frame (bingkai). Jika tanpa bingkai harganya 15 euro (sekitar Rp 190 ribu), namun jika menggunakan frame harganya 45 euro (sekitar Rp 570 ribu). Hak cipta lukisan itu sendiri sudah di pegang oleh The National Maritime Museum.

Gambar pulau – pulau dalam peta tersebut memuat gambar pulau, yanga ada di daerah Maluku utara. Semuanya adalah wilayah kekuasaan kesultanan – kesultanan Maluku utara. Sebab di jaman bahelo, para penjajah eropa mengenal Moluccas atau Maluku, hanya berada di sekitar kesultanan di Maluku Utara (padahal Maluku termasuk ambon dan sekitarnya).

Berikut gambar dari peta tersebut :

Chart of the Moluccas, Indonesia
Source : Chart of the Moluccas, Indonesia
Demikianlah celoteh cetek saya! :)



Thanks for share!
5 Sofyan Salim: Situs Royal Museum Greenwich : Menjual Peta Maluku Utara Posted by +Sofyan Salim   Yarp…   Kali ini, saya akan menginformasikan kepada pembaca blog ini, bahwa peta Maluku Utara, telah di jadik...

No comments:

Post a Comment

< >