+ -

Filosofi Petani Sejati Pada Penulis Sejati




Seandainya semua petani; jujur dan berdedikasi, bukan sekedar mencari kuanitas berorientasi profit, tapi kualitas yang menjadi prioritas. Maka sehatlah bumi beserta isinya.

Pada realitas ke-kini-an, tanaman organik menjadi langka dan cukup mahal. ‘Deadline’ pada permintaan pasar menjadi alasan bermain curang. Tetapi tentunya, masih banyak Petani yang ‘jujur’ dan berdedikasi; bukan kloningan dan ‘kejar tayang’ memuaskan nafsu penada dan para pemain pasar.

Betapa rajin dan bersungguh – sungguh para petani yang ‘baik hati’. Mereka begitu peduli dengan apa yang akan di makan calon pembelinya, tanpa peduli dengan profit dan kuantitas barang dagangannya. 

Begitu pula dengan para penulis yang ‘baik hati’, mereka akan lebih peduli dengan kualitas tulisannya. Mereka tidak butuh perusahaan mayor label untuk mencetak dan memajang karya tulis mereka. Sebab bagi mereka, tulisan yang baik pasti akan tersebar dan menyebar dengan sendirinya.

Sebab pada realita ke-kini-an, dunia online menjadi dunia yang cerah bagi para penulis ‘idealis’, karena disanalah karya mereka di promosikan dan di sebarkan secara independen, serta akan lebih mudah mendapat kritikan serta masukan. Maka yang di butuhkan adalah kesiapan untuk menyikapi serta menampung segala kritik dan saran!

Tanamlah benih tulisan kita dengan jujur dan berdedikasi pada setiap media yang kita gunakan. Meskipun tulisan kita fiksi, pastikan ada manfaat; jangan pernah ragu memperhalus fakta tentang ‘tragedi’ atau imaji fantasi dalam diksi dan indahnya rima. Sebab semua benih yang baik, jika dirawat dan diperhatikan, akan menua hasil yang memuaskan.

Dan untuk jurnalis mainstream, praktekanlah ilmu jurnalistik kalian secara benar dan baik. Jangan mau di sogok untuk membuat berita atau artikel iklan dimana isinya menjatuhkan individu serta ‘kelompok’ tertentu. Sebab kebenaran akan selalu menang melawan kebatilan. Maka pilah-pilihlah antara salah dan benar, karena engkau akan menjadi bagian dari sejarah.


Thanks for share!
5 Sofyan Salim: Filosofi Petani Sejati Pada Penulis Sejati Seandainya semua petani; jujur dan berdedikasi, bukan sekedar mencari kuanitas berorientasi profit, tapi kualitas yang menjadi prior...

No comments:

Post a Comment

< >