+ -

Search Engine selain Google, Yahoo dan Bing



Kebanyakan orang indonesia hanya mengenal google, yahoo dan bing sebagai tempat berburu informasi. Hanya sebagian kecil orang indonesia yang menggunakan search engine lain selain Google, Yahoo dan Bing. Tiga search engine sejuta umat!

Nah, artikel ini hendak menginformasikan kepada pembaca, bahwa bukan hanya google, yahoo dan bing saja search engine di dunia maya. Banyak juga search engine lainnya yang bisa dijadikan mesin pencari informasi yang anda butuhkan.

Berikut profile singkatnya:
 
  • www.ask.com
Searh engine yang berdiri tahun 1996 ini, pada awalnya bernama Ask Jeeves yang kemudian berganti nama dengan Ask.com. 16 tahun berkarir di dunia direktori maya, menjadikan Ask salah satu tempat terbaik untuk mencari informasi.
 
  • www.dmoz.org
Open directory project yang disponsori Aol Search ini, dibangun dan dikembangkan oleh komunitas editor global. Republic of the web ini, sangat kolektif menyeleksi situs - situs yang ingin bergabung dengan mereka. Sangat cocok dijadikan tempat untuk mencari informasi yang spesifik tentang sebuah pengetahuan.
 
  • www.lycos.com
Searh engine yang sati ini, umrurnya hampir sama dengan google. Berdiri 17 tahun yang lalu. Mereka lebih terfokus pada informasi market, selain membangun komunitas online yang informatif lainnya.

  • www.aol.com
Berdiri sekitar 27 tahun yang lalu. Bukan sekedar search engine. Namun, Aol juga bergerak dibidang service provider. Sangat banyak menyimpan data - data penting tentang ilmu dan paradigma. Cukup  terkenal di dunia barat.
  • www.blekko.com
Search engine ini dijuluki sebagai "Google Killer." Alasannya mungkin karena kecerdikan algoritma search enginenya yang anti spam. Search engine yang dirilis pada bulan November/1/2010 ini, bisa menjadi "pembunuh" sesungguhnya bagi google. :)  Blekko memiliki teknologi search engine bernama ScotJet. Anda ditak perlu mensubmit situs. Cukup mengijinkan crawler blekko mengindex situs anda. Masukkan perintah ini kedalam robot.txt anda:

# Allow only specific directories
User-agent: ScoutJet
Disallow: /
Allow: /public
Dan situs anda pun akan masuk dalam direktori blekko. mudah kan!



Thanks for share!
5 Sofyan Salim: Search Engine selain Google, Yahoo dan Bing Kebanyakan orang indonesia hanya mengenal google, yahoo dan bing sebagai tempat berburu informasi. Hanya sebagian kecil orang indonesia yan...
< >