+ -

Agar Tulisanmu Dibayar Google


Tentang menulis, sorry, saya bukan jurutulis atau seorang motivator ulung bidang tulis menulis. So, bagi yang belum tahu bagaimana menulis, saya cuman bisa bilang: kacian dekh lo! Xixixxi… Justkid bro! Mmm.. gimana ya, jujur saya saja masih bego dalam hal tulis menulis. Namun yang membuat saya akhirnya menulis adalah: PEDE! Dan saya selalu mengingat sebuah kata yang juga menjadi judul sebuah buku bahwa: MENULIS ITU SEGAMPANG NGOMONG!

Agar tulisan anda dinilai berharga oleh google, maka anda harus memiliki kemampuan menulis yang baik, percaya diri atau PEDE, mempunyai modal, waktu, dan kreatifitas.

So, sahabatku dimanapun kalian berada, mulailah berbicara dengan tulisan. Ingat, kata kuncinya adalah: PEDE! Dan, jangan lupa dikembangkan terus kualitas tulisannya. Masak dari sejak tau menulis sampai bisa menulis, topiknya tentang kodok terus! Kan gak lucu! Hehe… lagi – lagi justkid bro!

Mengenai modal, sahabat tidak perlu berfikir keras bagaimana mencari modal sebanyak mungkin untuk mendukung saran ngawur saya ini! Hehehe...., Sahabat hanya butuh sebuah komputer (/labtop/smartphone), modem untuk koneksi internet, serta uang untuk membeli pulsa bulanan atau langganan speedy (ingat listrik juga penting), maka sampailah sahabat pada langkah awal “pemerasan!”

Mengenai waktu, sahabat tidak harus seharian penuh berada di depan digital machine untuk mengambil hati sang korban “pemereasan,” dalam hal ini Mbah Google! Buang jauh – jauh pikiran sahabat untuk bekerja seharian penuh, menilis “sesuatu” yang bisa saja membuat sahabat stress berat. Kecuali sahabat adalah seorang “maniak,” maka silahkan saja, kawan!

Mbah Google, tidak butuh tulisan yang harus setiap menit sahabat posting (walapun itu berpengaruh untuk page view). Mbah Google lebih suka keunikan, originalitas, serta kontinuitas postingan sahabat. Itu berarti, satu minggu bisa 4-5 tulisan saja sudah cukup, tentunya dengan mutu yang “cukup” tinggi, kawan! So, manaj-lah waktu sahabat sebaik mungkin, demi mengejar kualitas tulisan, bukan sekedar kuantitas.

Akhirnya sampailah kita pada Kreatifitas. Sahabat orang yang suka menulis sesuatu yang humoris, puitis, atau pengen jadi cerpenis, novelis, filsof, guru, ahli ini, ahli itu? Jadikan salah satunya sebagai brand weblog sahabat. Kenapa? Karena google suka bangat dengan sesuatu yang unik, original, berisi, tidak plin –plan ngolor-ngidul sana – sini, akhirnya bete dan shabat sendiri berhenti menulis!

Jika sahabat penyuka puisi, maka buatlah weblog personal sahabat tentang puisi. Misalnya, RUANG PUISI SOFYAN/PUISI SOFYAN atau apalah namanya, pokonya buatlah alamat weblog sahabat sesuai isi konten. Jangan terlalu banyak membuat kategori. Sebab google juga udah tahu, bahwa usaha sahabat itu bersifat personal atau individual. Dan lagi, sahabat kan cuman nebeng di server dan sub-domain do’i. So, konsentrasilah pada satu topik. Dan jadikanlah ia sebagai brand weblog sahabat.

Catatan: Tulisan ini pernah diterbitkan di kompasiana.com, namun akibat sesuatu dan lain hal (bersifat teknis internal kompasiana), tulisan ini pun menghilang dari daftar tulisan saya di kompasiana. Tulisan ini di-copy oleh salah satu sahabat blogger dengan alamat: http://diki-sawaludin.heck.in, tanpa menyebutkan sumber tulisan. Tulisan saya ditulis dalam judul aslinya di link berikut: Agar Tulisanmu Dibayar Google!
Thanks for share!
5 Sofyan Salim: Agar Tulisanmu Dibayar Google Tentang menulis, sorry, saya bukan jurutulis atau seorang motivator ulung bidang tulis menulis. So, bagi yang belum tahu bagaimana menu...
< >