+ -

Etika dan Etiket

Etika-Etiket. Setiap bangsa dan negara memiliki kekhasan tersendiri dalam hal sopan - santun dan adat istiadat. Namun kebanyakan bangsa pasti mempunyai asas yang sama dalam etika. Etika merupakan ilmu yang mengajarkan kepada manusia, apa yang di anggap baik dan tidak baik serta masuk dalam kewajiban moral. Sedangkan moral adalah ajaran tentang baik dan buruk yang berlaku umum.

Moralitas merupakan suatu perbuatan atau tingkah laku seorang manusia yang baik. Sedangkan kesusilaan/susila adalah kesadaran tentang kebaikan yang timbul dari hati. Manusia yang berakal budi adalah manusia ber-susila atau beradab. Orang yang tahu sesiapa saja yang boleh dinikahinya adalah orang yang ber-moral. Orang yang tahu bahwa dia "belum bisa macam - macam" terhadap pacarnya/pasangannya adalah orang yang ber-etika.

Manusia di belahan bumi utara dan manusia di belahan bumi selatan memiliki etiket atau aturan sopan santun dalam pergaulan, yang bisa berbeda antara yang satu dan lainnya. Begitu pun etiket yang ada di Indonesia, bisa berbeda antara Indonesia bagian timur, tengah, dan barat. Tapi, dalam bisnis, etiket itu bisa berarti tulisan atau nama sebuah produk, boleh dibilang merek dagang!
Thanks for share!
5 Sofyan Salim: Etika dan Etiket Etika-Etiket. Setiap bangsa dan negara memiliki kekhasan tersendiri dalam hal sopan - santun dan adat istiadat. Namun kebanyakan bangsa pa...
< >