+ -

Naturei Karta dan pertentangannya terhadap Zionisme



Kebanyakan masyarakat indonesia beranggapan bahwa Israel adalah Yahudi dan Yahudi identik dengan Israel. Padahal, realitanya, cukup banyak yahudi yang menentang berdirinya negara tersebut.

Sekte seperti ortodox chasidik dan super ortodox (heredim), adalah penentang utama gerakan zionisme. Namun, kaum heredim lebih keras menentang zionisme.

Dari kaum heredim inilah, muncul gerakan perlawanan melawan zionisme yang ada di Israel. Bagi mereka, apa yang ada di israel, sangat tidak sejalan dengan hukum taurat (torah). Zionesime menurut mereka (heredim), adalah sebuah gerakan yang menolak adanya sang creator (/God). Buah ajaran zionisme adalah, penganiayaan terhadap bangsa palestina. Tindakan seperti itu secara spritual dan fisik adalah berbahaya bagi Yahudi sejati. Kenapa? Karena masyarakat dunia mengenal Israel sebagai negara Yahudi. Padahal, sejatinya, TIDAK!

Menurut mereka (heredim), siapa yang mengatakan bahwa zionisme adalah bagian dari Yahudi, maka mereka telah termakan fitnah keji dari media mainstream. Statment seperti itu sangat berbahaya bagi komunitas Yahudi dimasa depan.

Ribuan rabbi Yahudi mengutuk gerakan zionisme sejak awal. Mereka sangat tahu, hubungan baik antara muslim dan yahudi di tanah suci, akan hancur dengan berkembangnya zionisme. Berdirinya "Negara Israel" bertentangan dengan dasar agama (torah).

Naturei Karta berada di barisan terdepan. Berjuang melawan gerakan zionisme selama lebih dari seabad. Mereka ingin merubah pandangan dunia yang menganggap kejahatan Israel adalah kejahatan Yahudi. Kelompok yang menamakan diri sebagai kelompok; Yahudi Internasional melawan zionisme ini, didirikan di Yerusalem pada tahun 1938. Mereka berpisah dari gerakan Agudas Yisroel; organisasi yang berdiri pada tahun 1912 dengan misi yang sama; melawan zionisme. Mereka berpisah karena kelompok tersebut sudah mulai tidak sejalan dengan cita - cita awal (melawan zionisme).

Israel adalah rezim ilegal dan sesat. Naturei Karta menentang apa yang disebut dengan "Negara Israel" bukan karena negara tersebut sekular. Mereka menentangnya karena konsep dari negara tersebut bertentangan dengan hukum Yahudi.




Thanks for share!
5 Sofyan Salim: Naturei Karta dan pertentangannya terhadap Zionisme Kebanyakan masyarakat indonesia beranggapan bahwa Israel adalah Yahudi dan Yahudi identik dengan Israel. Padahal, realitanya, cukup banya...
< >